News BreakingNews
Live
wb_sunny

Breaking News

M. Nasir : Tata Kelola Keuangan Yang Baik Merupakan Kunci Dari Keberhasilan Pembangunan Daerah

M. Nasir : Tata Kelola Keuangan Yang Baik Merupakan Kunci Dari Keberhasilan Pembangunan Daerah


BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.id --M. Nasir, S.Si merupakan sosok Enterprenuer sekaligus Politisi yang menginspirasi. Sebagai sosok Anggota DPRD Banyuasin, dia pun dikenal sebagai sosok yang kritis sekaligus solutif terhadap berbagai persoalan yang menyangkut kinerja pembangunan daerah Banyuasin.



Yang menarik, M. Nasir berkeyakinan bahwa tata kelola keuangan yang baik merupakan kunci dari keberhasilan pembangunan daerah."Tata kelola Keuangan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pengelolaan kinerja Kantor," ujar M. Nasir.


Menurut dia, kemampuan dalam pengelolaan keuangan memiliki peran signifikan dalam pengelolaan kegiatan kantor. "Maka dari itu kunci keberhasilan dalam pembangunan daerah dengan bisa mewujudkan Tata Kelola Keuangan Yang Baik dan Akuntabel," jelas dia.


M. Nasir menegaskan, administrasi keuangan merupakan bidang disiplin ilmu yang harus dipahami dan diketahui oleh seorang pegawai yang kajiannya meliputi aspek-aspek keuangan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan termasuk pertanggungjawaban dibidang keuangan. 


Beliau juga menegaskan bahwa manajemen keuangan pemerintah merupakan salah satu kunci penentu keberhasilan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan dalam kerangka nation and state building.


Lanjut dia, adanya manajemen keuangan pemerintah yang baik akan menjamin tercapainya tujuan pembangunan secara khusus, dan tujuan berbangsa dan bernegara secara umum, karenanya, langkah-langkah strategis dalam kointeks penciptaan, pengembangan, dan penegakan sistem manajemen keuangan yang baik merupakan tuntutan sekaligus kebutuhan yang semakin tak terelakkan dalam dinamika pemerintahan dan pembangunan.


"Hal ini ditegaskan pula bahwa sesuai dengan amanat undang-undang nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara. Pemerintah wajib melakukan pengelolaan keuangan negara dengan baik, transparan, dan akuntabel dan untuk mewujudkan hal tersebut perlu diadakan pelatihan atau pembinaan kepada pegawai sehingga tujuan tersebut dapat tercapai dengan baik," ungkap dia.


M. Nasir berujar, untuk memahami hal tersebut perlu adanya pelatihan.

"Dengan adanya pelatihan, pegawai dapat memahami dan mampu mengelola keuangan sesuai administrasi keuangan yang baik, serta terselenggaranya administrasi pengelolaan keuangan yang memadai sehingga mendukung atau berpengaruh positif terhadap kinerja kantor," pungkas dia. (Adm).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.