Mercedes-Benz di “Mining Indonesia 2017” – Solusi One-Stop untuk Armada
Mulai tanggal 13 September 2017 hingga 16 September 2017, PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDINA) akan berpartisipasi dalam pameran terbesar di Asia untuk perlengkapan pertambangan, yaitu “Mining Indonesia 2017” yang berlangsung di Jakarta. Tahun ini Mercedes-Benz akan memamerkan delapan kendaraan di area seluas 750m2, dengan pembukaan yang dihadiri oleh Markus Villinger, CEO Daimler Commercial Vehicles Indonesia; Maximilian Knorr, Director of Network, Product & Retail Trucks Indonesia; dan Ralf Kraemer, Managing Director of Mercedes-Benz Distribution Indonesia.
Mercedes-Benz adalah satu-satunya merek di Indonesia yang menawarkan rangkaian produk kendaraan komersil yang lengkap bagi para pelanggannya. Mulai dari van, bus ukuran sedang, bus ukuran besar, hingga truk heavy duty. Di “Mining Indonesia 2017” para pelanggan akan bisa menyaksikan rangkaian truk Mercedes-Benz yang dikhususkan untuk medan berat dari sektor pertambangan Indonesia. Rangkaian produk yang dipamerkan di “Mining Indonesia 2017” terdiri dari empat model truk, yaitu Actroz, Unimog, Axor, dan Arocs, serta Sprinter.
Actros adalah solusi yang sudah terbukti untuk aplikasi on-road dan off-road. Sementara Unimog adalah kendaraan spesial dari Mercedes-Benz, yang berfungsi sebagai truk berukuran lebih kecil untuk aplikasi khusus di lingkungan off-road, serta Sprinter yang merupakan kendaraan utilitas premium.
Markus Villinger, CEO Daimler Commercial Vehicles Indonesia, mengatakan, “Komitmen Mercedes-Benz untuk Indonesia sudah dibangun sejak 1950 dengan produk-produk yang menjadi jawaban bagi kebutuhan pengembangan negara ini melalui transportasi. Dengan penawaran rangkaian produk yang lengkap, kami berkomitmen menetapkan tren baru dalam industri truk di negara ini, menyediakan produk-produk yang cocok dengan mutu tinggi, yang secara khusus dirancang untuk kinerja tertinggi di medan pertambangan Indonesia.”
Bintang pameran di “Mining Indonesia 2017” adalah Axor yang secara khusus dibuat di Indonesia oleh Mercedes-Benz untuk pasar Indonesia dan diluncurkan pada tanggal 29 Agustus 2017, dirakit di pabrik Mercedes-Benz Indonesia. Lini produk ini akan siap untuk digunakan di aplikasi on-road maupun off-road. Dengan peluncuran New Axor ini, Mercedes-Benz menyediakan sebuah keluarga baru truk yang menawarkan nilai tinggi bagi pelanggan.
Lini produk Axor memiliki keunggulan dalam Total Cost of Ownership (TCO) yang menjadi tolak ukur dalam kualitas, keamanan dan kenyamanan. Di bagian keamanan, Axor memiliki fitur LED daytime running light, Anti-Lock Braking System (ABS), serta engine brake. Selain itu, Axor dirancang oleh para insinyur Mercedes-Benz di Jerman.
Lini produk Axor akan mendapatkan program customer service Mercedes-Benz yang handal, meliputi flying doctor dantechnical training untuk para mekanik konsumen truk Axor.
Maximilian Knorr, Director of Network, Product & Retail Trucks Indonesia, mengatakan, “Kami melihat sebuah peluang besar dalam segmen pertambangan dari tren pasar yang meningkat dan kami berkomitmen untuk mendukung para pelanggan di Indonesia dengan produk yang sesuai. Ini menjadi alasan utama mengapa kami meluncurkan New Axor 2528 C yang dirakit lokal di Indonesia.”
Yang terakhir, sebagai pandangan ekslusif untuk masa depan, New Arocs, yang menjadi masa depan truk off-roadMercedes-Benz akan diperlihatkan untuk pertama kalinya di Indonesia, sebelum dimulainya penjualan resmi yang saat ini dijadwalkan pada semester dua tahun 2018. Saat ini MBDINA sedang melakukan proses homologasi dan memastikan kesiapan purna-jual untuk Arocs di Indonesia.
Sebagai highlight dari “Mining Indonesia 2017”, the New Arocs ini akan menawarkan beberapa keunggulan penting seperti biaya operasional yang lebih rendah, design yang kokoh dan handal, tingkat kenyamanan dan keamanan yang lebih tinggi bagi pengendara, serta menjadi model Euro 3 yang pertama di Asia Tenggara. Biaya operasional yang lebih rendah bisa tercapai berkat teknologi inovatif seperti Mercedes Powershift 3 dan the new inline 6-cylinders Euro 3 engine dengan torsi tinggi bahkan di kecepatan mesin rendah. Dengan kehadirannya yang sudah mencapai enam tahun,design Arocs yang kokoh dan handal sudah terbukti di seluruh dunia. Salah satu contoh kekokohannya adalah jarak dengan permukaan tanah yang tinggi berkat sudut-sudut pendekatan dan keberangkatan yang besar. Untuk lebih mendukung pengendara, Arocs memiliki kabin yang diperbaharui secara keseluruhan, termasuk set interior, dasbor dan kelompok instrument yang baru serta engine brakes yang kuat. Selain peningkatan-peningkatan umum, Arocs secara khusus cocok untuk pasar Indonesia karena banyaknya pilihan untuk menyesuaikan banyaknya kebutuhan individual setiap pelanggan. Singkatnya: Arocs menawarkan apa yang dibutuhkan dalam operasi pertambangan heavy duty, bahkan ketika menghadapi beban penuh dan medan berat yang menantang manusia maupun mesin, karena kekokohan yang tidak ada saingannya.
Meskipun Arocs akan diperkenalkan sebagai solusi off-road baru dari truk Mercedes-Benz, Actros akan tetap tersedia di pasar Indonesia. Contohnya adalah Actros 4061, yang dilengkapi dengan mesin V8 dan Turbo Clutch Retarder, mampu memproduksi 612hp, torsi maksimal 2700Nm, dan bisa membawa dengan mudah gross combination weight hingga 300 ton bahkan di medan berat sekali pun.
Ralf Kraemer, Managing Director of Mercedes-Benz Distribution Indonesia, menambahkan, “Kami sangat senang bisa mengumumkan rangkaian baru Arocs ke Indonesia, untuk melengkapi rangkaian Actros yang sudah ada. Menggabungkan tenaga, kekokohan dan efisiensi dengan cara yang unik, Arocs meneruskan tradisi 120 tahun kendaraan komersil Mercedes-benz dan membawanya ke masa yang akan datang, dengan teknologi inovatif yang berorientasi pada masa depan.”
Selain rangkaian produk lengkap dan dua truk baru untuk pasar Indonesia, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Mercedes-Benz juga unggul dalam layanan purna-jual. Mercedes-Benz menawarkan dukungan teknis, pelatihan mekanik dan pengendara, garansi produk serta layanan-layanan tambahan lain untuk pelanggan, seperti Webparts dan On-Site Parts Stock.