Belum Optimalnya Pelayanan, PDAM Cabang Betung Tidak Ada Biaya Operasional
BANYUASIN, KBRS - Pelangan PDAM Tirta Betuah Banyuasin mengeluhkan pelayanan dari pengelola PDAM cabang Betung yang belum optimal. Seperti yang disampaikan salah seorang pelangan Amril Warga RT/RW. 006/ OO2 Desa Talang Ipuh Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin.
"Dijelaskan Amril kalau dirinya sudah merasa kesal atas pelayanan PDAM cabang Pengelola Betung yang sampai saat ini masih belum optimal," ujarnya ketika dibincangi kabarakyatsumsel.com Kamis(2/3)
Sudah 1 tahun ini terang Amril, saya tidak pernah mendapatkan aliran distribusi air PDAM , tapi dari pihak pengelola PDAM cabang Betung tidak pernah di perhatikan. Sudah sering kali saya laporkan namun sampai sekarang tidak ada tindak lanjutnya.
"Saya sangat berharap kepada pengelola PDAM agar segera memperbaikinya dan segera mengecek saluran pipa supaya tau apa penyebabnya."pintahnya
Hala senada yang dikatakan Endang warga yang sama, kalu sampai saat ini tidak pernah mendapatkan aliran air PDAM. Sudah seringkali dilaporkan tapi tidak pernah ada tindakan dari pihak pengelola PDAM.
"Kami pelangan ini sudah tidak dapat aliran air tapi tagihan rekeningnya jalan terus. Jadi kami selaku pelangan benar -benar merasa dirugikan," ucapnya kesal
Masih kata dia, disana sini banyak sekali jaringan pipa PDAM yang bocor, namun tidak pernah diperbaiki," kalau pipa banyak yang bocor gimana tekanan air bisa mormal" ungkapnya
Menangapi hal itu Kepala Cabang PDAM Betung Sulijo saat di confirmasi diruang kerja nya mengutarakan bahwa dari biaya oprasional tidak madai lagi, Sedangkan subsidi dari pemerintah hanya untuk PLN, itupun hanya sebagian.
"Peningkatkn pelayanan kalau tidak ada biaya oprasional jelas pelayanan tidak akan berjalan dengan baik. Sekarang kita ada kendala di biaya oprasional ditambah listrik seringkali mati lampu," ujarnya
Lanjutnya setiap kali kita melakukan proses penyaluran air kepelangan tentu sangat tergantung dengan Listrik dari PLN.
"Kendati demikian mudah - mudahan kedepan bisa lebih bagus dan merata distribusi air ke semua pelangan dengan mengadakan Perbaikn secara bertahap di semua jaringan pipa ," terangnya
Dikatakan Sulijo, Tarip rekening bakal ada kenaikan guna untuk Penyesuian pmeningkatkan pelayanan, bagi yang mengalami penunggakan kita harap segera melakukan pembayaran. Kami juga nanti akan mengirimkan surat pemberitahuan, baru jika tidak juga di bayar dengan terpaksa kita putus.
"Pendekatan secara persuasip tetap kita kedepankan dengan mengirim surat dulu, mungkin mereka mau bayar supaya air kita lancar. Intinya kita bertahab.
Diakuinya memang Pengawasan dari kami selaku pengelola masih kurang dan semua itu disebabkan minimnya Paktor keuangan oprasionsl yang menjadi kendala utama,"kedepan pemerintah daerah agar lebih memperhatikan PDAM dengan kondisi yang terjadi saat ini,"harapnya ," (Adam Malik)